Lapas Pangkalpinang Buka Kunjungan Saat Lebaran, Ini jadwal dan Mekanismenya

  • Bagikan

Pangkalpinang,  SuaraBabelNews.com,-

Lapas Pangkalpinang Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat.

Hal ini ditandai akan dibukanya layanan kunjungan dan penitipan barang bagi Warga Binaan Lapas Pangkalpinang pada hari raya Idul Fitri 1445 H. Senin 08/04/2024

Kalapas Pangkalpinang, Badarudin mengatakan pihaknya telah mempersiapkan mekanisme dan alur kunjungan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung saat lebaran.

“Layanan kunjungan akan kami buka selama 3 hari terhitung mulai ditetapkannya hari raya Idul Fitri oleh Pemerintah,” ujar Kalapas, Senin (8/4/2024).

Mekanisme layanan kunjungan ini berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor : SEK-UM-01.01-191 Tahun 2024, tanggal 27 Maret 2024 Tentang Langkah Antisipasi Cuti Bersama dan Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

“Kami akan memberikan pelayanan prima agar hak-hak Warga Binaan perpenuhi,” ujar Badarudin.

Badarudin menjelaskan, layanan kunjungan akan dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pagi pukul 09.00-11.30 WIB dan siang pukul 13.15-15.30 WIB.

Hari pertama diperuntukkan bagi Warga Binaan blok hunian A, B, sel, karantina dan klinik, hari kedua, Blok E dan Penaling, hari ketiga untuk blok hunian C, D dan BBG.

“Untuk kesempatan berkunjung, tiap Warga Binaan dapat dikunjungi 1 hari penuh sesuai dengan jadwal yang telah kami tentukan,” urainya.

Sebelum mengunjungi Warga Binaan, pihak keluarga harus melakukan registrasi pendaftaran pada loket yang telah disediakan. Pihak keluarga wajib menunjukkan Kartu Tanda Penduduk, atau indentitas lain seperti Surat Izin Mengemudi dan paspor, berpakaian sopan, serta tidak membawa barang-barang terlarang.

“Untuk itu, kami telah mensosialiasikan kepada Masyarakat baik secara langsung atau pengumuman melalui media masa, media online maupun media sosial,” tambahnya.

Badarudin menambahkan, untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, pihaknya telah berkoordinasi dengan Komando Rayon Militer (Koramil) 413-11/Taman Sari Kota Pangkalpinang dan Kepolisian Resor Kota Pangkalpinang, guna membantu pengawasan pelaksanaan layanan kunjungan saat Lebaran.

“Kami berkomitmen untuk selalu bersinergi dan berkolaborasi dengan Aparat Penegak Hukum lainnya untuk mendukung keamanan dan ketertiban di dalam Lapas Pangkalpinang,” tegas Badarudin.

Ia juga berharap kepada seluruh petugas untuk bekerja sesuai dengan Standar Operasional prosedur (SOP), Ikhlas, ramah dan empati dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengunjung.

“Bekerjalah dengan Bersih, Melayani, Cakap dan Cekatan (Belacan) sesuai moto Lapas kita,” harap Badarudin.

Sumber: Lapas Pangkalpinang

  • Bagikan

Respon (1)

Komentar ditutup.