banner banner

Tim Seleksi Sudah Terbentuk, Tahapan Penerimaan Calon Komisioner KPU Babel Resmi di Buka

  • Bagikan

Pangkalpinang,  SuaraBabelNews.Com,-

Tim Seleksi (Timsel) Calon Komisioner Komisi Pemilihan umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adakan Konferensi pers tentang Pembukaan penerimaan Calon Komisioner Babel Periode 2023-2023, Jumat, 10/02/2023

Hal ini disampaikan langsung oleh Tim seleksi (Timsel) calon komisioner komisi pemilihan umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (KPU Babel), bahwa telah membuka seleksi pendaftaran calon Komisioner KPU Babel priode 2023-2028 mulai 10-21 Febuari 2023.

Tim seleksi calon komisioner KPU Babel melaksanakan konferensi pers diseketariat jalan Dewi sartikan kelurahan Keramat kecamatan Rangkui kota Pangkalpinang.

Ketua Timsel, Iskandar mengatakan seharusnya ini sudah diumumkan berapa hari yang lalu, tetapi mengingat timsel menerimanya baru terbentuk tadi siang maka baru diumumkan

“Berdasarkan peratuaran KPU nomor 68 tahun 2023 dan nomor 71 tahun 2023 terkait dengan tahapan seleksi pendaftaran calon komisioner KPU Babel dan untuk syarat pendaftaran calon silahkan mendownload di website KPU Babel,” ungkap Iskandar. Jumat (10/2)

Dalam Penyampainnya, ketua Timsel pendaftaran calon komisioner KPU Babel didampingi tiga anggotanya Andika Saputra, Derita Praptih, dan Suparta sedangkan Basit Sucipto sedang dinas luar daerah.

Ketua Timsel Komisioner KPU Babel ini juga mengaskan untuk seleksi calon komisioner KPU Babel periode 2023-2028 ini terjadi perubahan yang signifikan dari priode-priode sebelumnya

“Seluruh calon peserta yang mendaftar harus mendownload dan mengisi formulir di SIAKBA.

Semua syarat pencalonannya di scan selanjutnya fisiknya nanti diserahkan ke sekretariat ” Lanjutnya

Iskandar juga mengatakan jika calon perserta, apabila tidak mengisi melalui aplikasi Siakba maka tim seleksi tidak akan menerima berkas-berkas pencalonan tersebut.

Silahkan bagi yang mau mengikuti proses pencalonan ini mengikuti aturan yang telah ditetapkan

Kami tergaskan, tidak ada perubahan terkait berkas.

Jadi tolong berhati-hati dan teliti terkait upload berkas-berkas karena hanya 50 perserta saja yang diloloskan adminitrasi oleh KPU RI disetiap Provinsinya,” tegasnya.

Kembali Ketua Timsel Calon Komisioner KPU Babel ini juga menjelaskan bahwa 50 orang ini akan diseleksi dengan baik dan selektif oleh timsel

“Hal yang paling penting menganai ijazah harus dilegalisir dan cap basah.

Kami sudah sepakat dalam pembekalan di Jakarta kemaren dan ini sangat penting tidak boleh lagi berwarna seperti biasanya,” Lanjut Iskandar

Ia juga menyebutkan nanti bukan hanya menyeleksian berkas saja, tetapi akan ada pemberian nilai.

Bagi mereka yang memilik ijazah S1, S2 dan S3 akan berbeda nilainya, nanti akan dilihat dipedoman penilaiannya.

“Bagi calon perserta, yang sudah ditetapkan menjadi calon komisioner jika memiliki buku, jurnal dan tulisan maka akan menjadi tambahan nilai tersendiri karena semua orang berbeda kapasitasnya,” Terang Iskandar

Iskandar juga mengatakan berkas yang masuk akan diperiksa setiap harinya, bukan hanya sehari tetapi setiap harinya walaupun hanya dua atau tiga berkas saja.

Timsel Komisioner KPU Babel, dipastikan akan selalu standby setiap hari diseketariat.

“Jadi kami memohon kepada semua pendaftar agar lebih teliti sebelum mengupload semua data agar tidak terjadi kesalahan, dikarenakan tidak ada perbaikan berkas pendaftaran calon komisioner KPU.

Hal sederhananya pemakaian materai yang berkali-kali pun akan kami periksa sedetil mungkin

Mulai hari ini 10 Febuari 2023 sampai dengan 21 Febuari 2023, akan dibuka pendaftaran calon komisioner KPU Babel dan 1 Maret 2023 sudah penetapan hasil penelitian adminitrasi,” pungkas Iskandar.

(Red)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *